Rabu, Januari 19, 2011

Nge-Blog itu Gratis, Mengapa Disia-siakan?

Sampai saat ini, awal tahun 2011, saya yakin hampir setiap orang yang mengenal internet pasti memiliki blog. Kalau tidak punya, minimal kenal-lah dengan blog (dan Anda juga pasti tahu itu).

Ada faktor utama, sesuai analisis saya, yang membuat blog tenar. Simple and free!.  Ya, dibandingkan dengan membuat sebuah website saat itu, membuat blog itu sangat gampang dan gratis (alias cuma-cuma). Hal itu pula yang menyebabkan perkembangan blog saat ini begitu pesat dan jumlah penggunanya meningkat drastis.   

Bagi pribadi saya sendiri, blog adalah miniatur website Anda. Layaknya sepetak tanah yang Anda beli (eh, gratis). Selanjutnya, silahkan Anda tentukan sendiri sepetak tanah itu mau dikemanakan. Entah berencana untuk dibangun rumah, membuat taman bermain, toko, warung, atau bahkan dibiarkan begitu saja hingga menjadi lahan untuk bermain sepak bola.

Seperti itulah gambaran umum mengenai relasi antara blog dengan Anda sebagai pemiliknya. Anda ingin menjadikannya sebagai rumah, tempat curhat, tempat berbagi pengalaman sehari-hari serta berbagi cerita canda dan tawa untuk blogger lain.

Atau Anda berniat menjadikan blog layaknya sebuah toko, yang kini dikenal dengan sebutan keren, toko online. Tanpa pajak, tanpa ijin mendirikan usaha, tanpa harus keluar rumah, bisa dilakukan hanya dengan membuat blog dan fokus duduk di depan komputer, hanya mengutak-atik blog. Diprediksikan, sebanyak 30 juta jiwa pengguna internet di Indonesia (data tahun 2010 dari www.internetworldstats.com ) mungkin ada yang ke blog Anda, beberapa memesan sesuai katalog produk Anda, kirim barang dan uang datang. Easy!


Apalagi membangun petak itu menjadi taman bermain, atau di dunia blog bisa disebut blog game. Tentu saja, animasi lucu dan jalan cerita game yang menarik  membuat blog Anda ramai dikunjungi orang, khususnya para gamers dan anak-anak yang baru saja mengenal internet. Blog ramai, Anda famous. Beneran.

Parahnya, jika Anda hanya asal buat, hanya asal daftar dan lebih parah lagi (bahkan harus dibawa ke U(b)GD, unit blog gawat darurat!) punya akun banyak, daftar blog dengan penyedia layanan blog disana-sini, tapi dibiarkan saja. Miris dan sama saja Anda membeli tanah dimana-mana tapi tidak ada batu bata sedikitpun di atas lahan Anda. Meski blog itu gratis, tapi amat disayangkan.

Kondisi terakhir yang saya gambarkan ini, mungkin saja membuat angka pengguna blog itu makin banyak, namun blogger (pecinta blog) itu minim! Maka perlu diklarifikasi, pengguna blog bisa saja naik jumlahnya dengan pesat, tapi blogger hanya di kisaran angka sekian-sekian saja.

Sebenarnya, tidak ada tuntutan Anda harus mengupdate blog Anda setiap hari, atau bahkan setiap saat seperti halnya update status Facebook atau nge-tweet di Twitter.

Masalahnya adalah gratis! Dan anda (seharusnya) bertanggung jawab atas domain dan hosting gratis yang Anda gunakan. Karena domain yang Anda gunakan, tidak mungkin dipakai orang lain lagi. Server juga bakal jebol apabila Anda hanya tahu daftar, buang, daftar lalu biarkan blog.

Nah, mungkin salah satu wujud kepedulian masyarakat, khususnya pemuda, dan lebih khusus lagi sebagai agen pembawa angin segar adalah menggelar kompetisi blog, sebagai pemancing dan motivator pengguna internet untuk nge-blog. Seperti halnya Physics Blog Competition 2011 yang diadakan Himpunan Mahasiswa Fisika ITS (HIMASIKA ITS). Selain uang sebagai jaminan pemenangnya, pancingan untuk mengembangkan kebiasaan menulis tentu menjadi pembakar semangat Anda sebagai pemuda. Ingat kawan, tulisan itu mahal harganya.

Untuk itu, saya mengapresiasi sangat baik kepada HIMASIKA ITS, semoga sukses penyelenggaraanya.
Ingat, jangan sia-siakan semuanya. Semoga bermanfaat!


Muflih Fathoniawan

sumber gambar : raracandyfloss.com
NB : Bukan bermaksud promosi kawan, hanya sosialisasi :) . Bagi teman-teman yang menilai tulisan saya ini menarik, mohon dibantu untuk memberi like pada postingan saya ini. Caranya :

- Anda masuk Facebook dulu, search Kominfo Himasika, terus silahkan di add as friend.
- Setelah itu, silahkan cari link tulisan ini di wall akun FB Kominfo Himasika atau cari nama saya Muflih Fathoniawan. Kemudian like disana.
Atau akses link ini http://satupetualang.blogspot.com/p/cara-mendukung-blog-ini-dalam-pbc-2011.html

Insya Allah dengan begitu anda menilai saya dan mengamanahkan kepada saya untuk menjadikan blog saya sebagai blog favorit. Dan terima kasih atas kesediaannya, semoga Tuhan membalas kebaikan Anda. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sempatkan untuk memberi komentar..

jagoBlog.com