Senin, Januari 17, 2011

Blog Sebagai Sarana Menulis, Gratis!

Pada awal tahun 2011 ini, siapa coba yang tidak kenal blog. Hampir semua orang mengenal layanan website gratisan ini. Sebut saja http://www.blogger.com/ , http://www.wordpress.com/, http://www.livejournal.com/, dan masih banyak lainnya, yang setidaknya sudah biasa menjadi ‘mainan’ atau dikenal oleh anak-anak yang duduk di bangku sekolah menengah atas, bahkan SMP.

Bahkan di kampus saya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya menyediakan hosting gratis dengan subdomain ITS. Bagi Anda sivitas kampus ITS, silahkan akses saja http://www.blog.its.ac.id/.
Dengan mendaftar di www.blog.its.ac.id melalui email domain ITS Anda, Anda akan mendapatkan blog gratis dengan basic wordpress yang bisa dijadikan wadah bagi Anda untuk menulis.

Bahkan semester pertama mata kuliah pengenalan teknologi informasi dan komunikasi, beberapa dosen menugaskan untuk membuat blog menggunakan domain ini. Tentu, tujuannya tak lain untuk mengasah kemampuan menulis mahasiswa ITS secara kontinyu.

Saya juga mengenal blog tidak lama setelah saya kenal internet, kurang lebih saat saya duduk di bangku kelas 2 SMP. Saya akui, memang terlambat saya mengenal internet, tapi juga tidak butuh waktu banyak untuk mendalami seluk beluk internet. Namun untuk mempelajari internet saya jamin tidak ada habisnya, karena sifatnya dinamis dan sangat cepat berkembangnya.

Ya! Sejak kelahirannya di tahun 1997 oleh John Barger yang kemudian diakuisisi raksasa internet, Google.com di tahun 2002, blog berkembang drastis. Tercatat, saat saya menulis opini mengenai internet sehat di tahun 2009, ditemukan sebanyak lebih dari 10 juta akun blog yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Sungguh angka fantastis! Dan prediksi saya pengguna blog akan terus berkembang seiring kebutuhan masyrakat yang tidak hanya sebagai penikmat teknologi, tapi juga ikut serta mengembangkan teknologi.

Salah satu pemicu melonjaknya angka pengguna blog ini tak lain juga ada banyak kompetisi-kompetisi blog, salah satunya yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika ITS, yakni Physics Blog Competititon 2011. Ajang bergengsi yang akrab dengan singkatan PBC 2011 ini, merupakan motor atau penggerak kalangan pelajar khususnya siswa SMA se Surabaya dan Mahasiswa se Jawa Timur. Dengan iming-iming hadiah jutaan rupiah plus domain dan hosting gratis, peserta blog ini sempat membludak hingga panitia membatasi keikutsertaan tiap-tiap jurusan.

Kalau mengutip pernyataan Pak Heny Faisal, Kajur Fisika ITS, “masa’ Physics Blog, tapi yang ikut hanya 2 jurusan saja, jadi terpaksa kebijakan kami yakni membatasi,” ujar Pak Heny dalam sambutannya saat pembukaan kompetisi blog ini.

Untuk informasi Physics Blog Competition, bisa klik link ini. Dan untuk mengenal panitia penyelenggara PBC 2011 ini, bisa klik link Himasika ITS ini.

PBC 2011 kini tak hanya kompetisi, namun juga gratis workshop tanggal 15 Januari 2011 kemarin. Nah, itu juga yang bikin saya makin tertarik untuk mengikuti ajang ini, sudah dapat ilmu, kalau menang (Insya Allah, Amin..) dapat uang, lumayan untuk ditabung. Blog yang saya ikutkan ya blog ini, http://www.satupetualang.blogspot.com/.

Terakhir, saran saya, selagi gratis nikmatilah dan jadilah blogger (pecinta blog) yang siap berkontribusi mengubah dunia menjadi lebih baik. Tentu dengan tulisan-tulisan kita.
Terima kasih
Salam Sukses!



Muflih Fathoniawan

sumber gambar : blog > untungkasirin.wordpress.com
                  internet > pemasaraninternet.com
NB : Bukan bermaksud promosi kawan, hanya sosialisasi :) . Bagi teman-teman yang menilai tulisan saya ini menarik, mohon dibantu untuk memberi like pada postingan saya ini. Caranya :

- Anda masuk Facebook dulu, search Kominfo Himasika, terus silahkan di add as friend.

- Setelah itu, silahkan cari link tulisan ini di wall akun FB Kominfo Himasika atau cari nama saya Muflih Fathoniawan. Kemudian like disana.
Atau akses link ini http://satupetualang.blogspot.com/p/cara-mendukung-blog-ini-dalam-pbc-2011.html

Insya Allah dengan begitu anda menilai saya dan mengamanahkan kepada saya untuk menjadikan blog saya sebagai blog favorit. Dan terima kasih atas kesediaannya, semoga Tuhan membalas kebaikan Anda. Amin.

1 komentar:

  1. Mantap jaya gan!
    Toni ajarin nulis yang bagus! Ilmu dari workshopnya tularin lho, awas kalo ga :P
    Tak doain kamu jadi juara. Amin ya Allah

    BalasHapus

Silahkan sempatkan untuk memberi komentar..

jagoBlog.com