Sabtu, Maret 07, 2009

IDE HEBAT ketika Menulis

MENCARI IDE YANG HEBAT DARI SUMBER PIKIRAN

Ide adalah kunci segala kesuksesan. Penemuan yang terkecil hingga paling besar sekalipun pasti dimulai dengan ide. Berbagai perubahan yang terjadi di dunia ini berawal dari rekayasa, dan rekayasa sekecil apapun bermula dari ide. Ide menjadi inspirasu agar sesuatu manjadi ada.

Memunculkan gagasan terasa sebagai perkejaan berat karena kita tidak pernah diajari bagaimana menggali ide secara nyaman dan menyenangkan. Kita kadang berpikir bahwa menjadi creator dan penulis yang kaya gagasan merupakan bakat sejak lahir, bukan hasil kerja keras dan ketekunan belajar, lalu muncullah anggapan bahwa hanya orang-orang tertentu saja yagn dapat menggali ide. Itu salah!.

Ide adalah sesuatu yang berada salam kehiduan kita sehari-hari. Ide selalu mewarnai aktivitas keseharian kita, tetapi terkadang kita tidak menyadarinya.

Bagi seorang penulis, ide adalah sesuatu yang sangat penting. Seseorang penulis harus mempunyai kejelian dalam mencari isu, mengolah dan menuangkan secara kreatif. Penulis bisa menghasilkan karya yang jauh lebih menarik daripada seseorang yang sangat cerdas tetapi tidak terbiasa menulis.

Namun, kendala bagi penulis pemula adalah sering mengalami kesulitan harus mulai menulis dari mana dan bagaimana. Sama halnya seperti awal saya menulis. Semuanya, bermula dari ide.

MENGGALI SUMBER IDE

Ide sebenarnya bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, apa yang ada di lingkungan kita, baik yang kita rasakan, kita lihat, kita dengar, dan kita lakukan. Semuanya menyimpan benih-benih ide yang sangat kaya. Lebih spesifik, sumber ide diantaranya :

1. Dari fenomena yang tampak. Dari kemampuan penulis menangkap fenomena keseharian yang sering kita lihat dapat menjadi sebuah tulisan yang menarik

2. Dari pendengaran. Semakin mantap kita dapat membuka telinga terhadap suara-suara yang kita dengar, semakin banyak sumber inspirasi sehingga layak ditulis dan dibaca public.

3. Dari bacaan. Dengan membaca, kita mendapatkan ilmu juga dapa melahirkan karya baru. Membaca surat kabar bagi orang-orang yang terbiasa menulis bukanlah sekedar menambah wawasan dan informasi, tetapi juga mencari ide untuk menulis.

4. Dari hasil diskusi. Melalui forum diskusi, kita dapat membuktikan perbedaan pendapat, mengetahui pandangan orang terhadap salah satu persoalan atau peristiwa. Cara pandang yang berbeda dan referensi yanglebih berbobot dapat menjadi inspirasi bagi seorang penulis untuk memperkaya tulisannya.

5. Dari pengalaman hidup. Bagi penulis, jalan hdup tiap orang yang berbeda merupakan fenomena yang menarik dan dapat menjadi inspirasi menulis.



www.worldandlive.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sempatkan untuk memberi komentar..

jagoBlog.com