Rabu, Mei 25, 2011

Ayo nge-Blog, Ayo Kreatif dan Inovatif!

Tiada rotan, akar pun jadi…

Tentu Sobat Blogger masih ingat kan pepatah di atas? 
Saya pun masih terpatri dalam pikiran saya bagaimana Ibu guru saya memberi pemahaman kepada saya dan teman-teman saat masih kelas 3 SD. Sedikit cerita, siang itu saya masih ingat pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran yang mau dibilang sulit saat itu, ya tidak sesukar matematika. Tapi mau dibilang mudah, ya nyatanya nilai maksimal saya 90. Begitu pula teman-teman saya dulu. Apalagi pagi itu materi peribahasa, susah dimengerti, susah pula dihafal!
source: http://www.knpi-baritoutara.com/files/ROTAN2.jpg

Namun, ketidakpahaman kami dapat ditangkap Ibu Sumarni, wali kelas kami. Ibu Sumarni dengan tanggap memberi contoh secara langsung, secara nyata, makna peribahasa yang kami susah mengerti. Terus dan terus Ibu Sumarni mengajarkan peribahasa seperti itu. Tak peduli, berapa sering keringat bercucuran dari wajahnya. Memang, semenjak bencana banjir disertai angin Puting Gending, kipas angin kami tidak berputar, aliran listrik sekolah kami putus! Ini pula yang terkadang membuat kami kegerahan. 

Bu Sumarni tetap bersemangat, meski kami kadang meminta beliau mengulang-ulang penjelasannya. Begitu terus, hingga pada peribahasa “Tiada rotan, akar pun jadi”. Beliau lalu menurunkan badannya, seolah-olah sedang duduk. Lanjutnya,”Meski kalian sekarang tidak bisa duduk di bangku kelas lagi, tapi kalian tetap semangat kan belajar bersama dengan alas hanya tikar mushola ini?” ujar beliau sembari menunjuk ke arah tikar yang kami bikin alas duduk. Kami terhenyak! 

Kisah saya itu sebenarnya modal sangat berharga bagi saya pribadi, bagi bangsa ini pula jika benar-benar memahami maknanya. Kenapa akar bisa menggantikan rotan?

Bangsa kita adalah bangsa yang tumbuh, Sobat Blogger. Segala sesuatu pasti bermula dari hal yang kecil, dan sudah tentu yang tumbuh dan berkembang tidak bakal kembali lagi seperti sedia kala. Ya, bisa dibayangkan bagaimana seseorang remaja, kembali mengecil menjadi bayi lagi. Namun yang jelas, tetap saja segalanya termasuk manusia dari bayi dahulu, dengan serba keterbatasan, kekurangan dan kesederhanaan.

Bangsa ini juga seperti demikian. Bukan suatu yang instan, bukan seperti swalayan yang semua kebutuhan tersedia, kita tinggal ambil. Tidak sesederhana itu Bung! Apalagi jika hendak membangun negeri ini, Indonesia.

Mungkin ini ya yang perlu dipahami oleh pemimpin dan calon (atau calo?) pemimpin negeri Indonesia ini. Suatu hal yang wajar jika masyarakat pendapatan perkapitanya masih rendah, dimana-mana rakyat menangis kelaparan, wabah penyakit menjangkit di pedesaan, pengangguran dan problematik bangsa lain. Itu wajar, kawan! 

Saya juga heran, ada saja pemimpin atau yang masih calon, yang terus mengeluh dan mengaduh permasalahan sana-sini belum bisa selesai, eh yang situ ada masalah lagi.  Sedangkan dia masih duduk di kursi mewah, mobil masih mengkilat, makanan melimpah, padahal terkadang rakyatnya hanya bisa mencicipi sisanya di tong sampah!

Hei bung, kita ini diciptakan Tuhan untuk menjadi khalifah di bumi ini dengan modal akal pikiran ya untuk menyelesaikan masalah secara kreatif dan inovatif, tentu juga solutif! Mungkin benar apa yang diajarkan Ibu Sumarni, tiada rotan akar jadi, pasti dibalik kesulitan ada jalan.

source : http://karoden.files.wordpress.com/2010/11/innovation.jpg

Namun berpikir kreatif terkadang perlu diasah dan dilatih hingga bisa melahirkan instuisi yang baik. Ya salah satunya adalah kegiatan Computer Festival atau Compfest 2011 yang diselenggarakan Fasilkom Universitas Indonesia ini. Apalagi, ada lomba Blogging yang diinformasikan teman saya satu perjuangan untuk mendirikan forum komunitas arek-ITS.com bersama-sama. Jujur, lomba Blogging Compfest 2011 bagi saya adalah pemacu otak kita untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif. Bagi Sobat Blogger, tentu seperti itu bukan? 

Belum ikutan? seru lho (sayangg, tempatnya jauh dari saya). Ulasannya sudah pernah saya singgung di posting sebelumnya ini : http://satupetualang.blogspot.com/2011/05/coba-ikut-compfest-2011.html

logonya Compfest 2011 dari http://compfest2011.com/img/terbang.png

Ayoo buruan daftarin blog Sobat di Compfest 2011 dan rasakan sensasinya berinovasi untuk kemajuan negeri Indonesia ini.


Salam Blogger Indonesia,




Muflih Fathoniawan.

*tulisan ini asli buah pikiran ane gan, cuman gambarnya yang dari search google ada linknya*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sempatkan untuk memberi komentar..

jagoBlog.com