Senin, April 11, 2011

Mahasiswa, Kontribusi dan Weekend...

11/04/2011
Senin pagi, usai bangun pagi...

"Ayo, update blog... Udah update blog belum??" Sambar sesosok pria di samping tempat tidurku, sambil terus ngutak-atik netbook-nya.
Belum sempat kutanggapi, masih ucek-ucek mata, dan kilat datang lagi ......  "Ukrainaaaaaaaa....!!!!"
kali ini saya kapok! Saya bangun. 
Ah, Alhamdulillah... ternyata sosok pria kahima IDE ITS itu, si mas Hanif Azhar, berhasil mencapai mimpinya... Semoga jadi berangkat yaa.. (meski, gerutu juga pagi2 disambar-sambar gitu, hahaha)

Nah, apa hubungannya dengan judul posting ini? kok segitu hebohnya sampai dijadikan Lead (paragraf awal) segala..


Mahasiswa, Kontribusi dan Weekend... (agaknya lebih keren di-bold)

Masih fresh ingatan saya mengenai paparan "Peran Fungsi Mahasiswa", yang disampaikan oleh Kahima Sistem Informasi ITS saat pengaderan massal. Singkatnya, ada empat 'kewajiban' kita yang bertitel 'Maha' di depan siswa (baca: siswa yang diagungkan).
Keempat nilai yang ada dalam mahasiswa tersebut, menurut saya adalah pengakuan masyarakat terhadap keberadaan mahasiswa. Bahkan, kalau saya boleh berpendapat, "jadi mahasiswa gag bakal seru kalau belum menunaikan keempat peran fungsi mahasiswa kita,".
Kok bisa?
Coba saya urai sedikit mengenai keempat peran fungsi mahasiswa :
1. Sebagai kontrol terhadap keadaan sosial di masyarakat
2. Menjadi insan tangguh yang dipersiapkan untuk memberi solusi untuk bangsa di masa mendatang
3. Agen perubahan di masyarakat.
4. Menjaga moral-moral yang ada di masyakat.

Kalau disimpulkan dan ditarik benang merah keempatnya, maka ada nilai KONTRIBUSI kepada masyarakat, iya kan? Hemm.. wajar saja kita dituntut berkontribusi, kalau diingat, lebih dari 80% mahasiswa yang tersebar di Indonesia menerima subsidi pendidikan dari pemerintah. Tersadar? sebagian tidak karena tetap merasa membayar, meski sebenarnya apa yang kita bayar itu jauh lebih murah daripada biaya yang sebenarnya dibebankan kepada tiap-tiap mahasiswa. Siapa yang menanggung sebagian lagi biaya kuliah kita?
Rakyat, saudara...
Rakyat Indonesia dengan pajaknya...
Itu yang menopang biaya kuliah kita...
Maka, sudah wajar kan kalau ada timbal balik atau kontribusi kepada masyarakat?

Bentuk kontribusi itu varian, tergantung hal apa yang diminati. Seperti yang dilakukan oleh Kahima IDE itu. Sebut saja Young Leader Indonesia, dan yang terbaru konferensi Internasional di Ukraina, menurut saya merupakan suatu wujud kontribusi tak langsung kepada masyarakat, dengan hasil pemikiran yang didapat dari konferensi bisa memberi solusi atas permasalahan masyarakat Indonesia kelak.
Ada lagi, Mas Nur Huda dan kawan-kawan pengajar lain, aktivis di kampus D, sebutan untuk Taman Baca yang tumbuh ekstrim di wilayah prostitusi yang konon nomer satu di Asia Tenggara, Dolly!. Weekend mereka, tiap Minggu jam 1 siang hingga sore jam 4, dihabiskan dengan mengajar adik-adik yang (terpaksa) berkembang di daerah yang sebenarnya tidak pernah mereka pilih. Tidak pernah memperhitungkan jarak kampus - Dolly yang (lumayan) jauh, tidak juga memperhitungkan apa yang mereka dapat dari mengajar adik-adik yang hiperaktif ini. Yang ada di pikiran mereka, "siraman rohani penyejuk batin"

Courtesy photo by Nur Huda @ Taman Baca Putat jaya (kampus D, Dolly)

Jadi, setiap Senin hingga berakhir Jumat kita pergi ke kampus untuk menunaikan kewajiban kita menuntut ilmu serta sebagai tanggung jawab kita kepada orang-orang tercinta yang bangga melihat kita melenggang di kampus. Sabtu terkadang ada seminar yang diikuti untuk menambah wawasan, dan Minggu saat weekend kita bagi Mahasiswa adalah saatnya menunaikan peran fungsi mereka. 

Saya sendiri? hehee...
Nggak lama lagi saya posting lagi kok, perjalanan saya selama 2 minggu ini tiap akhir pekan?
Mungkin beberapa kerabat menanyakan, dimana saya dan empat kawan saya tiap akhir pekan, kok gag pernah nongol?
nanti, saya ceritakan... "Ke Makassar, Lewat Sebaung"

tunggu ya..
terima kasih... semoga posting kali ini bermanfaat. Amin.

3 komentar:

  1. sudah kenalan sama miss chatting belum?

    BalasHapus
  2. miss chatting maksudnya?
    kalau nuansa pena kawan blogwalkingg...

    BalasHapus
  3. =="a, kapan aku nyambar-nyambar kamu ton ???
    GR ah

    BalasHapus

Silahkan sempatkan untuk memberi komentar..

jagoBlog.com