Jumat, September 05, 2014

Smartphone Canggih Anti Dompet Tipis, Pilih Mana?

Halo sobat blogger dimanapun kalian sedang membaca. Kali ini saya bakal mengulas dua produk smartphone android yang kece habis. Apa sih kelebihan dan kekurangan dari masing-masing gadget ini sampai saya tertarik  mengulas  dan bandingin?

Eh bentar-bentar, sebenarnya apa sih dua produk itu?
Nah sobat blogger, dua produk yang pingin saya kenalin dan bandingin adalaah….*Jrengg jreeng jreennngg …… Smartfren Andromax Z dengan Samsung Galaxy Grand Duos. Yihaa..!

Sedikit cuplikan, nanti bakal saya ulas satu persatu spesifikasinya dibandingin bagian per bagian, bakal ada ilustrasi gambar yang membantu, nah nanti bakal ada video menarik, tentu aja tentang dua produk ciamik ini.

Andromax Z dan Galaxy Grand –disingkat gitu ya- merupakan smartphone yang punya spesifikasi yang mirip, punya keunggulan masing-masing produk, namun selisih harga keduanya cukup berbeda, bisa sekitar 400-500 ribuan. Untuk harga, saya berani bilang kalau Andromax Z lebih terjangkau dompet harganya daripada Galaxy Grand. Eits tunggu dulu, Andromax Z bolehlah menang harga lebih murah, lantas bagaimana dengan kualitasnya?
harga dan penampakan Andromax Z dan Galaxy Grand (pict: video Sobat HAPE)

Nah, makanya kita adu mereka agar bisa memberi gambaran sobat blogger nih, yang lagi menimang-nimang dua gadget ini untuk dibeli salah satunya. Kalau bisa murah, tapi juga tidak kalah kualitas, ingat prinsip ekonomi lah pokoknya, hahaha….

Hem…. Off the record bentar ya. Hehe…
Meski saya belum punya kedua gadget itu, masih pegang Andromax U Limited edition beli setaun lalu, tapi saya berusaha memberikan ulasan perbandingan terbaik. Saya sudah membaca puluhan review kedua produk tersebut, nonton video unboxing kedua gadget itu biar lebih nyata terlihat ditambah lagi nonton video di akhir tulisan nanti, hingga akhirnya saya terinspirasi memposting tulisan ini biar bisa jadi referensi sobat blogger semua.

Masih out of the record ya… hehe…
Sebenarnya bukan nggak kenal sama sekali sih. Banyak kawan saya pake Galaxy Grand, jadi pernah tau dari penggunaan mereka sehari-hari. Kalau Andromax Z, pernah liat waktu ada stand Smartfren di Pantai Losari Makassar. Sempat nyobain rasanya gadget ini di tangan. Semoga suatu saat bisa memiliki lah ya.. J hehehe…

Okelah, mulai mereview keduanya. Diawali dari yang pertama menyentuh telapak tangan kita:

BODI
Kedua smartphone ini memiliki body berbahan dasar plastik yang ringan dan nyaman pada genggaman. Cover belakang Andromax Z memakai plastik berjenis doff,sehingga kalau dipegang telapak tangan tidak meninggalkan bekas minyak atau sidik jari yang kadang malah membuat kesan kotor.  Sedangkan Galaxy Grand memiliki bercover belakang jenis glossy, yang bisa meninggalkan bekas telapak tangan setelah dipegang meski dapat menimbulkan kesan mewah mengkilap.

penampakan belakang Andromax Z dan Galaxy Grand (pict: video Sobat HAPE)

Tepian dua jenis gadget ini membulat, hanya saja bentuk dasar Galaxy Grand memang condong nampak membulat, sedangkan untuk Andromax Z sudutnya lebih tegas meskipun juga membulat, sehingga terlihat lebih kotak bujur sangkar daripada Galaxy Grand .

Pada Andromax Z terdapat lempengan logam berbentuk persegi panjang tepat di atas kamera, menambah cantik komposisi bodi belakang plastik dengan lempeng logam. Untuk dimensi, Samsung Galaxy Grand Duos mirip dengan Galaxy S III, sedangkan pada Smartfren Andromax Z jika diamati dimensinya sebanding dengan Galaxy Note 2. Keduanya memiliki ketebalan cukup tipis kurang dari 1 cm. Untuk Andromax Z tebalnya sekitar 8.9mm dan untuk Galaxy Grand Duos ketebalannya 9.6mm.
perbandingan dimensi apabila ditumpuk (pict: video Sobat HAPE)


LAYAR
Keduanya memiliki layar yang cukup canggih di kelasnya. Andromax Z mengusung layar 5.5” dengan kategori layar High Definition resolusi 1280x 720 pixel. Cukup lebar dan puas bila dipakai nonton video atau bermain game, atau baca-baca ebook. Selain itu, memiliki layar yang lebar tentu memudahkan dalam mengoperasikan smartphone ini.

Andromax Z menggunakan teknologi layar IPS sehingga meskipun kita melihat dengan sudut yang miring nih, masih terlihat jelas hingga kemiringan 178 derajat. Layar jernih menggunakan teknologi One Glass Solution.

perbandingan layar Andromax Z (bawah) dan Galaxy Grand(atas) 
(pict: video Sobat HAPE)

Sedangkan Galaxy Grand tampil dengan ukuran layar lebih kecil, yakni berdimensi 5” dengan layar TFT dan resolusi 800x480 pixel. Dengan spesifikasi layar demikian, akan terlihat perbedaan yang cukup signifikan. Ukuran layar yang lebih kecil ditambah resolusi yang kecil juga dari Andromax Z membuat tampilan ikon di Galaxy Grand lebih besar namun member kesan kurang halus.

Desain tampilan depan Andromax Z sangat minimalis tanpa tombol fisik seperti yang ada pada Galaxy Grand dengan fungsi home. Andromax Z menyediakan 3 tombol virtual sentuh yang berfungsi sebagai back, home serta menu. Pada Galaxy Grand, selain terdapat tombol fisik home, juga terdapat tombol sentuh back dan menu. Apabila ingin mendapatkan tampilan home yang full screen, tombol virtual ini bisa disembunyikan, sedangkan fitur ini tidak tersedia di Samsung Galaxy Grand.

tombol Home pada Galaxy Grand (pict: video Sobat HAPE)

tombol virtual Andromax Z (pict: video Sobat HAPE)

KAMERA
Mengulas kamera merupakan bagian yang penting. Trend saat ini kalau bisa setiap saat membawa kamera di saku, karena momen tidak pernah tau datang kapan. Nah untuk itulah kehadiran kamera yang canggih pada smartphone yang bisa menghasilkan gambar baik sangat dicari kebanyakan orang. Termasuk pada Andromax Z maupun Galaxy Grand Duos.
Kedua hp canggih ini dibekali dua kamera, depan dan belakang. Andromax Z dibekali kamera 2 MP di kamera depan dan di belakang 8 MP. Resolusi yang sama juga terdapat pada Galaxy Grand Duos.

Untuk kemampuan menangkap gambar, kedua kamera belakang baik yang dimiliki Andromax Z maupun yang dimiliki Galaxy Grand Duos, memberikan hasil jepretan yang baik. Ini karena keduanya memiliki spesifikasi kamera yang sama.

Hanya kalau diperhatikan dengan seksama, hasil gambar Galaxy Grand lebih detail. Namun adanya fitur HDR pada Smatfren Andromax Z mampu memberikan performa yang dapat menandingi Galaxy ,karena di Galaxy Grand tidak bisa didapat fitur ini.

Fitur menarik lain yang bisa dijajal di kedua smartphone yakni keduanya memiliki continuous shoot, bisa digunakan untuk mengambil gambar bergerak dengan beberapa jepretan sekaligus dalam sekali tekan. Pada pemakaian fitur ini, Galaxy Grand Duos mampu menjepret 20 gambar dalam sekali tekan, sedangkan untuk Andromax Z bisa mencapai 99 gambar dalam sekali tekan. Namun yang perlu diperhatikan, keunggulan utama bukan terletak pada jumlah gambar yang dihasilkan tetapi yang perlu diperhitungkan adalah kecepatan kamera mengambil gambar sehingga menghasilkan gambar yang tajam dan baik.

GRAFIK
Nah, sobat blogger yang demen ngegame atau nonton film, bagian ini yang ditunggu, ulasan mengenai grafik. Andromax Z mengusung mesin grafis GPU PowerVR SGX 544, yang membuat para gamer betah menggunakan gadget ini karena bisa memainkan game-game 2 dimensi maupun 3 dimensi member kepuasan yang maksimal. Sedangkan mesin grafis pada Galaxy Grand adalah GPU VideoCore IV, juga baik dalam menampilkan grafik game, hanya saja apabila game memerlukan detil grafis tinggi, Galaxy Grand belum mampu menyajikan performa terbaiknya. Penjelasan lebih lengkapnya akan tersaji dalam bentuk tabel perbandingan keduanya.

SUARA
Saat Sobat blogger memutar musik, sekilas tidak akan jauh berbeda dari sisi tampilan. Keduanya memiliki player yang default bawaan Android. Hanya saja soal kejernihan suara, sobat blogger bisa menikmati dentuman musik yang jernih di Andromax Z karena dilengkapi dengan fitur Dolby Digital Plus, sehingga kualitas suara yang dihasilkan lebih maksimal. Penggunaan Dolby Digital Plus pun bisa disetting sesuai penggunaan kita, untuk mendengarkan music, nonton film, atau bermain game. Tentu saja, apapun aktivitas sobat dengan Andromax Z, telinga kita bakal dimanjakan dengan kejernihan suara yang dihasilkan gadget ini.

APLIKASI DEFAULT
Untuk aplikasi default, Andromax Z maupun Galaxy Grand mengupgrade sistem androidnya, sehingga akan dijumpai aplikasi-aplikasi default yang memudahkan pekerjaan kita tanpa harus kita mendownload dari google play terlebih dahulu.  Disamping itu ada aplikasi default pabrikan masing-masing guna mendukung layanan, seperti pada Smartfren terdapat SmartfrenStore atau Connex Guide sebagai panduan untuk menggunakan layanan Smartfren.

Rivalnya Galaxy Grand, terinstal lebih banyak aplikasi-aplikasi default. Hanya saja aplikasi yang terinstal jarang digunakan sehingga malah membuat kapasitas penyimpanan storage memori menjadi berkurang. Apalagi aplikasi ini tidak bisa dihapus dengan mudah dari gadget kita.

KEUNIKAN TAMPILAN
Ada yang menarik saat kita membuka menu Galeri pada Andromax Z. Pada umumnya sebenarnya ketika masuk menu galeri, tampilan sama dengan tampilan galeri system android biasanya, berbentuk thumbnails kecil-kecil yang terbagi atas folder-folder. Namun Andromax Z mampu mengupgrade tampilan thumbnails galeri menjadi lebih hidup, karena kita disuguhi tampilan yang menarik berupa slideshow pada foto dan pada file video akan diputar. Fitur unik ini tidak dapat kita temui di tampilan galeri Galaxy grand Duos.

ANTUTU BENCHMARK
Pada bagian ini kita akan melihat detail CPU atau mesin yang bekerja untuk menghasilkan tampilan yang ciamik, kemampuan menjalankan aplikasi dengan baik, serta mampu menunjukkan performa kedua smartphone ini. Kali ini saya akan menggunakan aplikasi Antutu Benchmark.

Sebelum berbicara lebih jauh di bagian ini, sobat blogger perlu tahu dulu apa itu  aplikas Antutu Benchmark. Nah, Antutu benchmark adalah aplikasi android yang membuat standar atau patokan tertentu untuk mengukur kinerja sebuah gadget android. Ukuran standar ini mencakup pengujian terhadap kinerja memori, CPU Integer Performance, CPU Floating Point Performance, performa grafis 2D dan 3D, kecepatan membaca-menulis pada kartu SD atau memori, serta database IO. Antutu sebenarnya bukan satu-satunya aplikasi di bidang benchmark, namun karena detail informasi yang dapat diberikan dengan sekali dijalankan, saya memilih aplikasi ini untuk membandingkan Smartfren Andromax Z dan Samsung Galaxy Grand Duos.

Saya dapat membandingkan hasil tes antutu meskipun saya nggak memiliki keduanya, hehe.. Hasil uji coba saya dapat dari list video comparison product Smartfren. Screenshotnya tampak seperti berikut ini.

perbandingan score Antutu Benchmark Andromax Z (kanan) dan Galaxy Grand (kiri) 
(pict: video GadgetGaul)

Nampak kalau ada selisih sekitar 6000 poin dengan keunggulan pada Andromax Z. Kalau mau mencoba, silakan kalau sobat kebetulan bisa mempersandingkan keduanya.
Lebih detail dan mudah mengamatinya, simak tabel perbadingan kedua gadget ini.

Tabel Perbandingan *fathoniawan.blogspot.com
No
Item
Smartfren Andromax Z
Samsung Galaxy Grand Duos
1
SIM
Micro RUIM CDMA & Micro SIM GSM
Optional Dual SIM (micro SIM)
2
Jaringan
CDMA EVDO + GSM
HSDPA + GSM
3
Dimensi
155 x 76.5 x 8.9 mm
146.8 x 75.3 x 9.6 mm
4
OS
Android 4.2 Jelly Bean
Android 4.3 Jelly Bean
5
Tipe Layar
IPS LCD, capacitive touch screen
TFT capacitive touch screen
6
Resolusi
720 x 1280 pixel, 5.5 inci
800 x 480 pixel, 5 inci
7
CPU
Quad Core 1.5GHz
Dual Core 1.2 GHz Cortex-A7
8
GPU
PowerVR SGX 544
VideoCore IV HW
9
Memori Internal
1 GB RAM & 8 GB ROM
1.5 GB RAM, 8 GB
10
Storage
MicroSD slot up to 32 GB
MicroSD slot up to 64 GB
11
Kapasitas Baterai
2500 mAh
Li-Ion 2100 mAh
12
Suara
Dolby Digital Plus
-
13
Loudspeaker
Ada
Ada, Voice 66dB, noise 66dB, ring 75dB
14
Kamera

Belakang: 8 MP, auto fokus dan LED flash
Depan: 2 MP. Bisa Video
Belakang: 8 MP, auto fokus dan LED flash
Depan: 2 MP. Bisa Video

15
Wifi
Ada, 802.11 b/g/n
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
16
Bluetooth
Ada, v3.0
Ada, v4.0, A2DP, EDR, LE
17
USB
microUSB v2.0
microUSB v2.0

Nah seperti janji saya di awal tulisan ini, agar apa yang direview dan saya bandingkan ini seolah hadir nyata di hadapan sobat blogger, Smartfren punya dua video yang mengulas perbandingan dua produk ini. Video di youtube ini dibuat oleh akun Sobat HAPE


Video Komparasi by Sobat HAPE

Akhirnya semakin jelas kan perbandingan kedua smartphone itu? Soal pemenangnya, dalam perbandingan ini tidak ada menang kalah karena kedua smartphone memiliki keunggulan masing-masing. 

Namun perlu ada catatan bahwa apabila dibandingkan harganya, Samsung Galaxy Grand Duos dibanderol dengan harga rata-rata 3,2 juta hingga 3,5 juta. Sedangan Smartfren Andromax Z pabrikan HiSense ini bisa meluncur di kantong sobat blogger dengan harga 2,8 juta. Dengan spesifikasi yang sudah ditulis, Andromax Z hadir dengan harga lebih murah namun mampu memberikan kualitas yang terbaik. Isitlahnya saya sih, produk Smartfren ini anti dompet tipis, murah tapi nggak murahan, nggak bakalan bikin dompet jadi menangis. Hehehe...

Setelah baca-baca perbandingan di postingan ini, jadi pingin kan punya gadget canggih ala Andromax Z? makanya yuuk ikutan lomba nulis blog, atau lomba menulis Smartfren di kompasiana atau kompetisi #SemangatBerbagi yang lain. Hadiahnya fantastis, Andromax Z dapat sobat miliki gratis, mantap kan?

Siapa mau?
Ayo sobat blogger persiapkan tulisan terbaikmu, ikutin #SFAndromaxBlog #SemangatBerbagi dan pantengin terus fanspage official Smartfren di http://www.facebook.com/smartfren dan follow twitternya: @smartfrenworld serta subscribe akun youbtubenya: https://www.youtube.com/user/smartfrenworld. Kalau kalian bisa memberikan hasil terbaik dan beruntung, maka siap-siap gadgeh canggih Andromax Z akan meluncur ke rumah sobat.

Oke sobat blogger, sampai disini dulu posting blog saya, semoga bermanfaat buat yang butuh perbandingan atau yang bingung mau pilih Smartfren Andromax Z atau Samsung galaxy Grand Duos. Atau bisa jadi referensi gadget sobat blogger. Sampai jumpa pada posting  berikutnya.


*sumber tulisan:
www.smartfren.com, fanspage smartfren, video akun smartfrenworld, video unboxing Andromax Z dan Galaxy Grand Duos, gsmarena.com

*sumber gambar:
Hasil screenshoot dari list video #SMARTreview
  1. https://www.youtube.com/watch?v=ISf89dJjEGA&list=PLK4j1yF5OVzPi17tQ4k2TjfcCxqoSz4wx&index=24
  2. https://www.youtube.com/watch?v=Y8V82hYck2I&index=25&list=PLK4j1yF5OVzPi17tQ4k2TjfcCxqoSz4wx

6 komentar:

  1. mantap gan postingnya,, ditunggu kunjungan nya ,, makasi :)
    http://imantft.blogspot.com/2014/08/semangat-pagi-di-tahun-2014-ini-seiring.html

    BalasHapus
  2. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    Promo Terbaru :
    - Bonus  10% New Member Sportsbook
    - Bonus 5% New Member Casino Online
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    BalasHapus
  3. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    Promo Terbaru :
    - Bonus  10% New Member Sportsbook
    - Bonus 5% New Member Casino Online
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas
    - Togel Online
    - Sabung Ayam ( New Produk )
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    BalasHapus
  4. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus

Silahkan sempatkan untuk memberi komentar..

Ada kesalahan di dalam gadget ini

jagoBlog.com