Selasa, Desember 10, 2013

be a farmhouse: Tumbuh

Kalau dihitung dari hari tanam benih (baca disini kawan), ini sudah memasuki hari kelima benih benih yang saya tanam. Istilahnya dalam bidang pertanian HST, hari setelah tanam. Saya menanam beberapa jenis sayur dan buah, seperti kangkung, bayam hijau, bayam merah, sawi caisim, sawi bakso, tomat, cabe besar, cabe rawit putih serta semangka dan anggur.

mulai tumbuh kecil-kecil, masih imut-imut :) 

proses penyiraman pagi hari

Nah, dari beberapa yang ditanam, di hari kelima ini sudah banyak yang mulai berkecambah. Diantaranya bahkan sudah mulai muncul bakal daun. Jenis sayur sawi dan kangkung yang paling cepat berkecambah dan tumbuh, yang lain masih malu-malu, hehhe. Ada yang masih berkecambah kecil seperti bayam, tapi banyak juga yang masih belum nampak tumbuh :(

 mulai banyak yang tumbuh, ini kangkung 

sawi dan bayam juga mulai tumbuh sedikit demi sedikit, kecil-kecil :)

Awalnya sempat khawatir, saya salah cara tanam. Saya menanam benih terlalu dalam dengan kondisi tanah yang padat saat itu. Alhasil, ketika tanah mulai mengeras, kemungkinan kecambah akan kesulitan menembus ke permukaan tanah. Mungkin ini yang menyebabkan 'mereka' lambat tumbuh. Terbukti juga sebenarnya sih, dari benih kangkun yang lancar tumbuh itu yang fisiknya kuat dan besar. Gag papalah, ini dibuat pelajaran untuk kedepannya agar menanam tidak terlalu dalam di tanah permukaan yang tidak terlalu padat, agar mereka tidak susah-susah tumbuh ke permukaan.


alhamdulillah, yey!
Selamat tumbuh! alhamdulillah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sempatkan untuk memberi komentar..

jagoBlog.com